Home » Tips dan Trik » 9 Cara Cerdas Membuat Rumah Kecil Terlihat Lebih Luas
jasa konstruksi
pemilihan jasa konstruksi

9 Cara Cerdas Membuat Rumah Kecil Terlihat Lebih Luas

Kali ini kita akan berbicara tentang bagaimana cara dan tips cerdas membuat rumah Anda yang kecil menjadi terasa jauh lebih nyaman dan luas ditempati, lebih awet dan tahan lama, sehingga fungsi dan efisiensi rumah bisa didapatkan sebaik mungkin.
Untuk mengupayakan semua hal tersebut, yang perlu Anda lakukan sebenarnya simple saja! Asalkan bisa dilakukan sejak awal, maka hal itu akan tercapai dengan sangat mudah dan praktis.

9 Tips Cerdas Membuat Rumah Kecil Menjadi Terasa Luas

1. Rancang kebutuhan ruangan

desain rumah minimalis 1 lantai
Tentukan konsep rumah sesuai keinginan

Sebelum memutuskan desain rumah minimalis 1 lantai yang akan digunakan, sebaiknya Anda tentukan dulu keinginan dari rumah yang hendak dibangun, seperti konsep rumah yang diinginkan, fungsi ruangan apa saja yang dibutuhkan, serta fitur tambahan apa yang Anda inginkan untuk tersedia di rumah. Semua pertanyaan tersebut akan ikut membantu proses penentuan desain yang akan dibuat.

2. Konsultasikan dengan ahli desain

ahli desain
Konsultasi dengan ahli desain

Ini adalah hal yang sebagian besar tidak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, padahal kalau kita ingin mendapatkan desain rumah minimalis 1 lantai dengan konsep dan fitur yang maksimal sehingga kita memiliki rumah idaman yang sesuai harapan, maka jasa dari ahli desain rumah akan sangat membantu. Memang ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memanfaatkan jasa ini, namun pada prosesnya Anda tidak perlu bingung berfikir ini dan itu, karena cukup menyampaikan konsep rumah yang diinginkan, maka ahli desain akan mempertimbangkan lebih lanjut tentang desain rumah yang cocok dengan permintaan tersebut.

3. Buang barang yang tidak perlu

Buang barang yang tidak perlu

Sudah pasti akan membuat ruangan Anda terasa lebih kecil dengan barang maupun furniture yang sudah tidak dipakai. Singkirkan tumpukan kertas dan majalah tua. Jual / buang furniture yang tidak Anda sukai dan tidak gunakan.

4. Gunakan Warna Cerah

interior apartemen minimalis (6)
pemakaian warna cerah


Warna putih dapat membuat ruangan Anda terasa lebih luas dan jika memungkinkan kombinasi beberapa warna yang cerah untuk membuat ruangan Anda terasa lebih luas, Anda dapat mencari ide warna-warna cerah disini. Anda dapat menggunakan karpet berwarna-warni untuk menutupi lantai.

5. Jadilah Kreatif

tempat tidur unik
tempat tidur unik


Gunakan aksesoris atau furniture yang kreatif untuk membuat suasana ruangan Anda terasa lebih indah dan nyaman.

6. Jendela

jendela minimalis
jendela minimalis


Biarkan sinar matahari dari luar membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terbuka. Anda juga bisa mendapatkan manfaat penuh dari cahaya dan sinar matahari pagi (tetapi tidak untuk sinar matahari siang yang diatas jam 12).

7. Dekorasi ruangan

desain interior kayu (12)
dekorasi ruangan dengan bunga

Karena Anda memiliki ruang terbatas, alangkah baiknya jika ruangan anda tidak dipenuhi dengan tabelAnda dapat dekorasi aksesoris rumah pada dinding atau rak buku dan rak baju. Anda juga dapat menggantung gambar di dinding, tetapi secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan karena akan menghilangkan kesan minimalis.

8. Cermin

Cermin
Cermin Kamar

Dengan memantulkan cahaya, cermin membantu menciptakan ilusi optik yang terasa seolah-olah ruangan kecil menjadi lebih luas. Pasang cermin besar di dinding untuk menggandakan ukuran nyata dari sebuah ruangan.

9. Jasa Konstruksi yang baik

jasa konstruksi
pemilihan jasa konstruksi

Selain desain, keinginan, dan lain sebagainya, kualitas rumah dan daya tahannya pun bergantung pada jasa konstruksi. Dengan memanfaatkan jasa konstruksi yang berkualitas, maka kita akan mendapatkan jaminan proses pembangunan yang baik karena bahan bangunan yang digunakan berkualitas, dan proses yang dilakukan pun dipercayakan pada tenaga konstruksi yang professional. Saya sendiri biasanya mencari informasi sebanyak mungkin tentang kontraktor di kota saya sendiri dan membandingkan mana yang paling murah dan paling bagus yang akan jatuh di pilihan saya.

Hal ini penting mengingat banyak sekali rumah yang daya tahannya kurang baik hanya karena penggunaan bahan bangunan serta jasa konstruksi yang tidak berkualitas. Karena itu, agar desain rumah minimalis 1 lantai yang ditinggali lebih awet dan tahan lama, jangan sembarangan memilih jasa konstruksi.
Itulah 9 cara agar Anda bisa membuat rumah kecil anda menjadi terasa lebih luas dan nyaman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Anda dapat meninggalkan komentar disini juga.