Terbaru
Home » Kolam Minimalis » Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sehat

Tips Membuat Kolam Ikan Minimalis yang Sehat

Kolam ikan minimalis memang dapat membuat rumah Anda menjadi lebih menarik dan tidak kaku selain desain interior dan eksterior rumah. Namun, terkadang banyak yang tidak tahu cara merawat kolam ikan yang baik dan sehat, sehingga pada akhirnya ikan menjadi mudah sakit dan mati.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kami merangkumnya menjadi lima tips agar kondisi kolam rumah Anda tetap dalam kondisi baik.

Desain kolam ikan minimalis
kolam ikan minimalis (2)

1. Memberi Makan Secara Teratur

Jangan lupa untuk memberi makan ikan-ikan anda secara teratur. Jumlah makanan yang diberikan haruslah berbanding lurus dengan jumlah ikan di kolam Anda. Saya ambil salah satu contoh adalah ikan cupang. Makanan alami ikan cupang adalah kutu air. Pemberian pakan yang baik adalah 2x sehari pada 07.00 dan 17.00. Pemberian pakan yang terlalu banyak juga tidak bagus untuk ikan dan kebersihan akuarium.

2. Kadar keasaman dan kebasaan air

Ini adalah salah satu faktor penting agar kondisi kesehatan ikan-ikan yang ada di kolam Anda terjaga. Anda dapat menggunakan pH meter untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan air. Jika terdapat banyak ion H+, maka nilai pH akan menjadi lebih kecil atau semakin asam. Sedangkan jika ion OH- semakin tinggi, maka nilai pH semakin tinggi atau semakin basa. Skala pengukuran pH meter dari 1 -14. Umumnya, derajat keasaman pada air kolam ikan adalah 6,9-8,0. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan air terlalu asam atau terlalu basa adalah kemungkinan banyaknya asam karbon dari sisa metabolisme tubuh ikan, hal ini disebabkan filter tidak bekerja baik, dan air kolam yang tidak diganti secara berkala.

3. Kadar Oksigen

kolam ikan minimalis (3)

Kandungan oksigen yang terdapat dalam kolam ikan koi minimalis sebagai contohnya, memiliki peranan yang sangat penting. Untuk kolam ikan koi, oksigen yang dibutuhkan adalah 6mg per liter. Kadar oksigen yang rendah dapat menyebabkan ikan koi kesayangan anda mati. Agar kondisi kolam minimalis anda tetap sehat dan segar, maka Anda harus mengetahui apakah kadar oksigen terlarut (disolved oxygen) dalam kolam anda sudah pas. Pada artikel berikutnya, kita akan membahas tips-tips bagaimana meningkatkan konsentrasi oksigen air kolam Anda. Salah satu cara yang paling sederhana untuk menjaga kandungan oksigen dalam kolam anda adalah buatlah sistem aerasi yang baik.

4. Kadar garam

Manfaat garam dalam air kolam ikan adalah untuk menetralkan zat NH3 (amonia) dan NO3 (Nitrat). Oleh karena itu, Anda boleh menambahkan sedikit garam pada air kolam Anda.

NH3 merupakan zat yang dihasilkan dari pembusukan kotoran ikan. Jika kadar NH3 terlalu tinggi dapat membahayakan ikan-ikan kesayangan anda. Kadar garam yang ideal adalah berkisar 0,15-0,2 persen. Untuk mengukur kandungan garam air kolam, Anda dapat memakai salinity meter. Kandungan garam yang terlalu tinggi dapat mengganggu kerja filter dan merusak tanaman air.

Untuk macam-macam foto dan desain kolam ikan minimalis, silahkan lihat artikel: Foto Kolam Minimalis Terindah