Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Interior Apartemen » Mengenal Apartemen Studio dan Cara Menyiasati Ruangannya

Mengenal Apartemen Studio dan Cara Menyiasati Ruangannya

Apartemen Studio

Ketika mendapatkan tawaran tentang apartemen disewakan, Anda pasti akan mendengar istilah apartemen studio. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan apartemen studio itu?

Apartemen studio adalah salah satu tipe apartemen dengan luas sekitar 20-35 meter persegi. Apartemen ini luasnya terbatas dan idealnya dihuni oleh satu orang saja. Biasanya, apartemen studio memiliki satu ruangan dan satu kamar mandi. Artinya, hanya ada satu ruangan yang digunakan untuk berbagai fungsi, mulai kamar tidur, ruang tamu, hingga dapur. Sementara itu, hanya bagian kamar mandi yang terpisah dari ruang utama.

Di luar negeri, apartemen studio disebut sebagai flat, bachelor’s flat, flat studio, dan lain sebagainya. Sementara itu di Indonesia, apartemen studio hampir sama dengan rumah susun (rusun) namun dengan konsep dan desain yang lebih eksklusif. Apartemen ini banyak diminati oleh kalangan mahasiswa dan karyawan yang belum berkeluarga. Jika Anda ingin hunian yang praktis dan tidak direpotkan dengan segala perawatannya, apartemen disewakan bertipe studio mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Mengenal Apartemen Studio dan Cara Menyiasati Ruangannya

Apartemen studio memang dikenal dengan ruangannya yang terbatas sehingga banyak orang berpendapat apartemen tipe ini kurang nyaman dihuni karena terlihat sempit dan sesak. Padahal sebenarnya tidak demikian asalkan Anda dapat mengatur dan menyiasati ruangannya dengan tepat. Nah, agar apartemen studio Anda bisa menjadi lebih nyaman dan luas, berikut beberapa cara untuk menyiasatinya:

  1. Pilih cat berwarna terang

apartemen-studio-1

Nuansa cat berwarna yang terang dan ringan akan mengubah suasana apartemen, bahkan memberikan ilusi bagi mata yang memandangnya. Warna cat yang terang akan memberi kesan luas dan besar. Sedangkan warna cat yang cenderung gelap akan mengesankan ruangan yang sempit. Untuk itu, pilihlah cat berwarna terang untuk interior apartemen studio Anda. Misalnya memilih warna putih untuk interior dan warna coklat untuk perabotannya.

  1. Letakkan cermin dalam ruangan

apartemen-studio-2

Memberikan kesan ruang yang lebih luas pada apartemen disewakan juga dapat disiasati dengan cara meletakkan cermin di dalam ruangan. Cermin bersifat memantulkan cahaya sehingga bisa membuat ruangan lebih terang. Semakin besar ukuran cermin, maka ilusi yang ditampilkan pun semakin jelas.

  1. Letakkan perabotan yang sederhana dan ringan

apartemen-studio-3
Hindari meletakkan perabotan yang memiliki desain rumit dan berukuran besar dengan banyak ukiran. Pilihlah jenis perabotan yang sederhana, tanpa banyak detail, ringan, dan terbuat dari material pemantul cahaya atau tembus pandang seperti kaca dan aluminium. Perabotan berjenis ini bisa memberi kesan lebih luas pada ruangan sempit.

Nah, itulah sekilas tentang apartemen disewakan tipe studio dan cara menyiasati ruangannya. Dengan berpedoman pada beberapa tips di atas, ruangan apartemen yang sempit akan terkesan lebih luas, Tertarik mencoba? Semoga bermanfaat!