Terbaru
Home » Tips dan Trik » Inilah Cara Jitu Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Inilah Cara Jitu Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Topik yang akan kita bahas hari ini sungguh menarik, yaitu bagaimana cara memasang wallpaper dinding sendiri. Asyik bukan..?

Desain interior rumah yang sama dari tahun ke tahun memang menjemukan dan membosankan. Apalagi kalau itu merupakan ruangan dimana kita beristirahat. Maka, memasang wallpaper dinding sendiri adalah cara yang maknyuss.

Memang memasang wallpaper dinding kamar terkesan mudah dan simple, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda harus simak beberapa tips berikut ini. Cekidot!

cara memasang wallpaper

Cara Memasang Wallpaper Dinding

1. Pengukuran yang Akurat
Tandai area dinding yang akan Anda pasangi wallpaper dengan garis untuk menghindari kesalahan saat membuka gulungan wallpaper di dinding. Pada ujung wallpaper, sisakan sekitar 3-4 cm dan pada sisi kiri dan kanan 2-3 cm. Kemudian, potonglah sisa wallpaper tadi dengan cutter dan agar hasilnya rapi, jangan lupa gunakan mistar/penggaris.

2. Jumlah Gulung Wallpaper yang Diperlukan

Untuk perhitungannya mudah saja, misalnya kita ambil contoh ruangan seluas 3m x 3m dengan tinggi dinding 2,5m.
Dan wallpaper yang digunakan berukuran 10 m x 0,50 m.
Luas dinding = (2 x (panjang dinding + lebar dinding)) x tinggi ruang
= ((3m + 3m)x 2) x 2,5m
= (6m x 2) x 2,5 m
= 12 m x 2,5 m = 30 m2.
Luas wallpaper 1 gulung (rol)
= panjang wallpaper x lebar wallpaper
= 10m x 0,50 m
= 5 m2.
Bahan yang dibutuhkan
= Luas bidang dinding / luas bidang 1 gulung (rol)
= 30 m2 / 5 m2
= 6 gulung (rol)

3. Kesehatan Dinding
Siapa bilang kesehatan hanya untuk makhluk hidup? Dinding yang akan dipasangi wallpaper harus dipastikan dulu kondisinya. Jika dinding Anda berdebu, kasar, lembap, atau kotor, maka lap dinding Anda terlebih dahulu agar wallpaper dapat terpasang sempurna.

4. Pasang Wallpaper
Jika 3 poin diatas sudah terpenuhi, maka sekarang kita dapat langsung dengan trik memasang wallpaper.

  • Sewaktu memasang wallpaper, gulung wallpaper ke bagian depan sehingga bagian yang dilem akan bersentuhan. Kemudian, pasang di dinding dengan perlahan agar wallpaper yang dipasang tidak bergelembung.
  • Kalau masih ada bekas dari wallpaper dulu yang melekat, tinggal basahi dengan spons aja. Jangan lupa pastikan dinding kembali halus dan layak untuk dipasang wallpaper.

Di zaman sekarang, aplikasi graffiti sebagai wallpaper dinding sudah menjadi perhatian masyarakat luas. Karena pemakaian graffiti sebagai desain interior sudah diakui oleh dunia seni dan desain interior ruangan.

Untuk mendapat ide ruangan dengan pemakaian graffiti wallpaper, langsung aja baca artikel: Desain Interior Keren dengan Graffiti Wallpaper

Jika ada yang kurang jelas, langsung tanya di kotak komentar ya.