Terbaru
Home » Tips dan Trik » Inilah 7 Kiat Cerdas Memilih Rumah Kontrakan yang Baik

Inilah 7 Kiat Cerdas Memilih Rumah Kontrakan yang Baik

Apakah Anda sedang mencari rumah kontrakan untuk tempat tinggal? Hari ini, kami akan memberikan artikel yang membahas tentang tips-tips agar Anda dapat memilih rumah kontrakan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk berbagai koleksi gambar desain rumah minimalis yang terbaru di tahun 2013, silahkan baca: Berbagai Model Rumah Minimalis Terlengkap 2013, 3 Tipe Desain Rumah Minimalis Paling Populer

gambar teras rumah minimalis

Berikut adalah 7 tips memilih rumah kontrakan yang baik dan berkualitas:

1. Bawalah buku catatan dan pena.
Ini berguna untuk mencatat detil-detil yang ada dalam rumah yang akan Anda kontrak. Ini berguna apabila Anda mengunjungi banyak rumah yang bakal Anda kontraki. Tulislah alamat pada bagian kanan atas untuk memudahkan Anda. Sebaiknya catatan ini bersifat lengkap, terutama tentang luas bangunan, jumlah kamar tidur, poin positif dan negatif setiap rumah. Anda juga disarankan mencatat hal-hal yang Anda rasa bermasalah.

2. Bawalah kamera.
Foto akan membantu dalam proses ini. Anda perlu memfoto tiap segi rumah, demi menyegarkan memori Anda tentang rumah kontrakan tersebut, baik tentang sisi positif maupun negatif.

3. Upayakan untuk menyortir kriteria-kriteria anda ke dua kategori.
Anda dapat membagi kriteria tersebut menjadi poin yang Anda sukai dari properti dan poin yang tidak Anda sukai. Ini akan membantu dalam proses pemilihan rumah yang akan Anda kontrak.

4. Periksa bahwa unit yang anda liat strukturnya kuat.
Sebaiknya Anda mengecak semua sisi rumah. Tentunya Anda tidak mau bukan rumah yang Anda kontrak membahayakan jiwa Anda? Bila Anda menemukan keretakan pada dinding, Anda dapat berkonsulasi dengan pemilik rumah. Jika hal itu menjadi kendala satu-satunnya dalam rumah itu, padahal Anda telah jatuh hati pada rumah tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan pemilik rumah agar memperbaiki hal tersebut.

5. Pastikan semua berfungsi dengan baik.
Ini termasuk sistem pemanas air, unit pendingin ruangan, lampu, kenop pintu, showerheads dan kunci jendela serta pintu. Segera beritahu kepada pemilik rumah agar memperbaiki hal tersebut bila ada yang tidak berfungsi dengan baik. Tentunya Anda tidak ingin tempat yang Anda tinggali tidak nyaman bukan?

6. Bawalah meteran pengukur.
Bawalah meteran untuk mengukur terutama jika anda sedang melihat properti sewaan untuk jangka pendek. Anda pastinya tidak ingin furniture yang Anda miliki memiliki luas yang lebih besar daripada rumah Anda sendiri bukan?. Ini artinya anda juga perlu mengukur dimensi furnitur anda di rumah terlebih dahulu.

7. Jangan hanya melihat propertinya.
Jangan hanya melihat propertinya, tetapi lihat juga daerah sekitarnya. Anda perlu mengetahui siapa yang menjadi tetangga anda, jarak dari tempat tinggal ke fasilitas seperti klinik, pasar, swalayan, dan daerah sekitar. Semua itu juga merupakan faktor yang akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam tinggal di daerah tersebut. Jadi, hal tersebut tidak boleh Anda lewatkan.

Demikianlah tips dari kami hari ini. Semoga artikel hari ini dapat bermanfaat banyak bagi Anda.