Terbaru
Home » Tips dan Trik » 8 Kesalahan Menata Ruang Keluarga Minimalis

8 Kesalahan Menata Ruang Keluarga Minimalis

Ruang Keluarga Minimalis dan ruang tamu biasanya tidak dipisah untuk rumah-rumah bergaya minimalis. Kedua ruangan ini dapat dikatakan sebagai bagian rumah yang paling banyak digunakan untuk segala keperluan sehari-hari. Ini adalah salah satu contoh gambar rumah minimalis.

Namun, acap kali pemilik rumah salah dalam menata atau mendekor ruangan ini. Hasilnya, ruangan yang paling sering digunakan ini terlihat membosankan dan monoton.

ruang keluarga minimalis 13

Baca Juga: 7 Desain Kamar Tidur Minimalis Terbaik.

Tentu saja kesalahan-kesalahan itu, mulai dari kesalahan fatal hingga kesalahan yang sedetail mungkin dapat kita minimalkan jika anda sudah mengetahui hal-hal yang harus dihindari. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang seharusnya anda hindari ketika menata ruang tamu dan ruang keluarga minimalis sehingga menjadi lebih nyaman.

1. Warna cat ruangan

ruang keluarga minimalis 7

Ruang tamu adalah ruang dimana anda bersantai-santai, beristirahat, dan berkumpul dengan keluarga. Oleh karena itu, pilihlah warna cat yang cerah supaya nyaman.

2. Pemakaian pernak-pernik

Aksesoris atau pernak-pernik sangat cocok jika Anda memiliki ruang keluarga yang luas dan banyak ruang kosong. Namun, jika ruangan sempit maka pakailah aksesoris ruangan yang seperlunya atau bahkan tidak usah pakai agar ruangan menjadi lebih luas.

3. Memakai mebel yang tidak nyaman

Biasanya ketika kita pergi melihat-lihat mebel, maka secara tidak sadar mata kita akan tertuju pada mebel-mebel yang memiliki bentuk modern, unik, dan cantik. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kembali kenyamanan dan keawetannya. Sofa persegi modern dan sofa kulit bisa saja membuat ruangan dan rumah Anda terkesan elegan, namun pertimbangkan juga segi kenyamanannya.

4. Menyimpan furniture yang tidak perlu

ruang keluarga minimalis 11

Seringkali orang lupa bahwa furniture yang tidak dipakai sedang menumpuk dan memadati ruangan dalam rumah Anda. Terlalu banyak barang di dalam ruangan Anda hanya akan memenuhi dan mempersempit ruangan Anda. Biasanya karena rasa “sayang” atau kenangan yang dimiliki dibalik barang-barang tersebut.

Maka dari itu, hindari kebiasaan dalam menyimpan barang-barang yang tidak dipakai lagi. Singkirkan barang-barang tersebut dalam ruangan Anda dengan memberikannya kepada orang lain atau menjualnya.

5. Cerdas dalam membeli

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pasangan muda yang baru menikah adalah dengan “asal membeli” furniture dan aksesoris pada ruang keluarga minimalis nya. Anda harus hati-hati dan cerdas dalam membeli, karena selain menyebabkan rumah Anda menjadi kurang cantik, kualitas barang tersebut bisa saja kualitas rendah.

Maka dari itu, mulai sekarang dan seterusnya, hindari kebiasaan buruk dalam membeli secara mendesak. Karena hal yang dilakukan secara tergesa-gesa, pasti akan ada kesalahan. Misalnya sofa yang Anda inginkan belum ada di toko tersebut, maka tunggulah beberapa saat atau pergi ke toko lain untuk membeli sesuai pilihan Anda.

6. Peletakan perabot

ruang keluarga minimalis 15

Peletakan perabot yang paling mudah & instan yang paling sering dilakukan oleh pemilik rumah adalah dengan mendempetkan perabotan-perabotannya ke dinding. Namun, ruangan menjadi kurang menarik karena seolah-olah ada magnet yang menarik perabot rumah anda ke dinding.

7. Pencahayaan

 

Pencahayaan dan lampu juga ikut mempengaruhi kenyamanan ruang keluarga Anda. Pilihlah lampu dimmer sehingga anda dapat mengatur intensitas cahayanya sesuai dengan kenyamanan mata Anda. Pencahayaan yang terlalu terang maupun gelap akan membuat Anda tidak betah untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

8. Kebersihan Ruangan

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan ruangan. Jagalah ruang tamu dan ruang keluarga Anda tetap bersih dan segar sehingga udara tetap sejuk.

Demikianlah 8 kesalahan menata ruang keluarga minimalis. Semoga bermanfaat!