Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Dapur Minimalis » 10 Tips Kreatif Mengubah Dapur Lama Menjadi Modern

10 Tips Kreatif Mengubah Dapur Lama Menjadi Modern

Apakah desain dapur rumah Anda adalah tidak pernah didekorasi selama satu dekade yang lalu? Apakah meja dan lantai di dapur anda terasa semakin hari semakin tidak menarik? Jika iya, mungkin sudah saatnya untuk membuat sebuah desain dapur minimalis modern di tahun 2013. Dengan semua ide-ide baru dan kreatif, seperti penggunaan warna, alat-alat modern dan peralatan dapur yang inovatif, dapat menciptakan dapur yang modern dan nyaman. Jika Anda mencoba untuk menjual rumah atau berencana untuk tinggal di rumah Anda sampai generasi anak Anda berikutnya – silahkan baca 10 tips kreatif yang telah kami susun untuk membuat dapur tua dan kusam Anda menjadi seperti baru.

dapur minimalis unik 2

1. Ganti material logam kuno dengan bahan yang modern dan inovatif

Tentu saja, bahan yang digunakan pada saat satu dekade lalu tidak akan menarik lagi untuk sekarang, tetapi dengan produsen yang terus mengeluarkan bahan yang inovatif dan lebih fungsional, saya rasa Anda harus mencobanya di desain dapur Anda.

2. Tukar material lantai yang kuno dengan bahan lain yang lebih awet

dapur minimalis warna hijau

Lantai merupakan salah satu bagian dapur yang sering terlupakan namun terpakai di seluruh dapur Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa itu tidak akan membawa banyak perbedaan dengan beralih dari lantai linoleum ke bahan lainnya seperti kayu atau granit. Bahan-bahan ini akan bertahan lebih lama serta meningkatkan kualitas dan nilai rumah Anda. Sekarang, ubin keramik model kayu telah menjadi populer dan banyak digunakan pada desain rumah minimalis.

3. Buang lemari bagian atas agar dapur tampak lebih luas

dapur minimalis unik 3

Memasang lemari atas di dinding untuk memasukkan piring dan peralatan masak lainnya adalah sangat populer ‘di masa lalu’. Jika Anda ingin meningkatkan keindahan dapur Anda, silahkan dipertimbangkan untuk membuang lemari atas dan menggantinya dengan yang lebih rendah. Anda akan terkejut dengan desain dapur modern Anda setelah lemari bagian atas telah dihapus!

4. Ubah bahan countertops dengan bahan yang modern

dapur minimalis warna merah

Bahan countertops yang biasa digunakan adalah seperti marmer dan granit, memang marmer dan granit lebih awet. Selama beberapa tahun terakhir, baik para desainer dalam negeri maupun luar negeri sudah lebih kreatif dan menggunakan bahan-bahan eksterior bangunan, seperti beton, bata, dan genteng sebagai countertops.

5. Memakai kursi minimalis modern di dalam dapur

Dapur kemungkinan besar adalah tempat tersibuk dalam rumah Anda. Mereka menyebutnya sebagai ‘jantung rumah’ karena Anda pasti sering membawa keluarga bersama-sama untuk makan bersama – dapur adalah “pusat” dari rumah Anda. Untuk memodernisasi dapur lama Anda, pertimbangkan untuk memakai tempat duduk minimalis.

6. Ganti peralatan yang hemat energi

BBM sudah dipastikan naik pada bulan Juni 2013, maka biaya listrik juga pasti akan ikut naik. Oleh karena itu, memakai peralatan dapur yang hemat energi adalah sebuah keharusan untuk menekan pengeluaran rumah tangga Anda. Untuk air kita juga harus dapat menghemat, yaitu dengan menggantinya dengan kran yang rendah sehingga dapat menghemat aliran air yang keluar (bisa memakai kran sensor sebagai saran).
7. Cat Kabinet dengan Warna modern tambahkan warna di dapur

Mengecat kabinet dengan warna yang baru dan modern dapat membawa nuansa yang baru dan segar kepada dapur Anda. Contoh warna minimalis modern yang banyak digunakan adalah seperti warna kuning, oranye, dan putih kilat.

8. Pasang pencahayaan yang baru

Setelah Anda selesai memodernisasi komponen utama dari dapur Anda, jangan lupa dengan pencahayaan! Pencahayaan yang bagus dapat meningkatkan suasana Anda ketika berada di dalam dapur. Memasang lampu gantung yang modern dapat meningkatkan suasana anda ketika memasak, makan bersama teman maupun keluarga.

9. Menambahkan elemen dekoratif

Bukan ruang tamu saja dapat anda dekorasi, dapur adalah sebuah tempat yang bagus untuk menambahkan ornamen dekoratif agar dapur Anda menjadi lebih hidup, seperti dengan meletakkan rak tanaman di atas lemari, patung, karya seni maupun barang-barang dekoratif lainnya.

10. Perluas dapur anda dengan robohkan beberapa dinding pembatas

Jika Anda ingin membuat dapur Anda lebih luas dan menyatu dengan ruang makan atau ruang tamu yang berdekatan – silahkan robohkan beberapa partisi! Dapur Anda akan terlihat leibh luas dan leluasa dengan menghilangkan pembatas-pembatas yang tidak perlu.