Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Tips dan Trik » 10 Tips Cerdas Membeli Properti atau Rumah

10 Tips Cerdas Membeli Properti atau Rumah

Hari ini kita akan membahas tips membeli properti atau rumah dengan cara yang cerdas. Membeli properti atau rumah adalah salah satu cara investasi yang cerdas karena seperti yang anda tahu bahwa harga rumah hampir tidak turun dan bahkan cenderung terus melonjak naik. Setiap orang pasti membutuhkan properti, baik rumah minimalis, apartemen, ruko, tanah, gudang penyimpanan stock, dan masih banyak lagi. Karena properti selalu dibutuhkan orang, maka seperti dalam ilmu ekonomi high demand high prices.

Namun untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka anda harus memilih dan membeli properti yang seksama dan strategis yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena anda juga harus memperhitungkan dengan cermat harga properti yang akan anda beli dengan biaya hidup anda. Jika uang yang ada di tabungan Anda dapat cukup makan selama 6 bulan, maka uang selebihnya sangat cerdas jika anda investasikan.

Gambar Rumah Minimalis Tropis Modern (2)

1. Budget. Hitung budget dan kemampuan yang anda miliki, jika uang anda cukup untuk makan selama 6 bulan, maka sisanya dapat anda investasikan.

2. Lokasi Strategis. Lokasi yang strategis meliputi lokasi tersebut bebas banjir sehingga ketikan hujan deras sekalipun tidak usah khawatir. Selain tidak nyaman, properti yang rawan dengan daerah banjir akan menurunkan nilai jual properti. Selain banjir, sebagai tambahan anda dapat memperhatikan feng shui, baca: 10 Tips Membeli Rumah Menurut Feng Shui

3. Lingkungan yang baik. Rumah yang dekat dengan linkungan preman atau lingkungan yang sering terjadi kerusuhan tidak baik untuk perkembangan anak dan pendidikan. Jadi, pilihlah lingkungan yang jauh dari hal-hal tersebut dan pilihlah rumah dengan lingkungan yang warganya ramah dan baik.

4. Dekat dengan tempat kerja. Jika anda ingin membeli rumah, maka belilah rumah yang dekat tempat kita kerja, sehingga akan menghemat waktu di perjalanan dan menghemat bensin.

5. Adanya transportasi umum. Pilihlah properti atau rumah yang dekat dengan transportasi umum, baik bus, taksi, dan sebagainya

6. Dekat dengan keramaian kota. Maksud dari keramaian kota disini adalah beli rumah yang dekat dengan supermarket, mall, tempat ibadah, bank, sehingga akan meningkatkan harga jual properti anda dikemudian hari.

7. Developer yang terpercaya. Pastikan anda membeli properti dan rumah dari developer perumahan yang reputasinya sudah bagus. Hal ini agar proyek anda tidak terbengkalai di kemudian hari. Cari tahu apakah developer tersebut selalu mengerjakan proyeknya tepat waktu.

8. Cek status properti jelas serta legalitas lengkap. Periksa status properti yang anda beli secara lengkap, teliti, dan jelas serta properti yang anda pilih memiliki legalitas lengkap agar tidak menemukan masalah di kemudian hari.

9. Ijin developer. Pastikan pihak developer yang anda pilih memiliki ijin yang dibutuhkan utnuki mengerjakan proyeknya.

10. Sistem KPR. Jika Anda ingin membeli rumah maupun properti dengan cara kredit maka silahkan tanya terlebih dawhulu pakaha anda dapat membeli properti tersebut dengan sistem KPR. Jika iya, KPRnya diurus oleh pihak penjual atau kita sendiri yang mengurusnya.